Artikel/Teknologi

Training penggunaan PetrifilmTM Salmonella express system dan E.coli/Coliform count plate di Lab. K

Deteksi Cepat Salmonella dan E.coli/Colliform pada Lab. Keswan Tipe B Provinsi Jawa Tengah

Bapel Keswan | Kamis, 11 Juni 2015 - 14:38:10 WIB | dibaca: 948 pembaca

  

Semarang_Salmonellosis merupakan penyakit menular yang bersifat zoonosis dan termasuk food borne disease. Kejadian penyakit tersebut pada manusia paling sering dilaporkan akibat tertular produk-produk asal ternak unggas seperti telur dan daging yang terkontaminasi. E.coli merupakan bakteri Coliform yang bersifat patogen.  Infeksi bakteri ini sering menyebabkan diare parah dan keram perut.

Pada tanggal 10-12 Juni 2015 telah dilaksanakan training penggunaan PetrifilmTM  Salmonella express system dan E.coli/Coliform count plate di Lab. Keswan Tipe B Semarang Jl. Setia Budi No. 113 Semarang. Selain untuk meningkatkan skill petugas laboratorium diharapkan dengan tersedianya PetrifilmTM maka pemeriksaan Salmonella dan E.coli/Colliform mendapatkan yang lebih cepat. Keunggulan penggunaan PetrifilmTM ini dibanding metode konvensional adalah media siap pakai, mudah digunakan, tidak membutuhkan peralatan spesial, hasil lebih seragam dibandingkan dehydrated agar menghemat 85% ruang di refrigerator, meja kerja, inckubator, tempat sampah, memberikan presumptive dan konfirmasi hasil, hasil diperoleh dalam waktu 48 jam. Pelatihan ini diikuti oleh petugas  Lab. Keswan Tipe B Surakarta, Lab. Keswan Tipe B Purwokerto, Lab. Keswan Tipe B Semarang, dan Bapel Keswan dengan narasumber Tenty Napitupulu dari PT. Tawada Healtcare.

Penggunaan teknologi tepat guna dan cepat hasil menjadi prioritas pilihan dalam deteksi penyakit secara laboratories. Untuk itu diperlukan optimalisasi laboratorium kesehatan hewan dengan melakukan pemenuhan kelengkapan sarana dan prasarana penunjang laboratorium diantaranya dengan di gunakannya PetrifilmTM  sebagai alat deteksi cepat Salmonella dan E.coli/Colliform. Dengan demikian pemanfaatan laboratorium untuk mendeteksi penyakit hewan di wilayah Jawa Tengah jadi lebih optimal. #wynd4_tp# 










Komentar Via Website : 0


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)