FAKTA TENTANG RABIES

FAKTA TENTANG RABIES

Administrator, Senin, - 13:12:32 WIB

  1. Rabies merupakan penyakit yang disebabkan karena virus, yang mempengaruhi sistem syaraf pusat.
  2. Rabies dapat menginfeksi semua hewan-berdarah-panas.
  3. Tidak ada pengobatan untuk rabies, dan hampir selalu berakhir fatal. Sekali ditemukan gejala klinis, kebanyakan hewan terinfeksi akan mati dalam lima hari.
  4. Satu-satunya cara menguji rabies yaitu dengan memeriksa jaringan otak hewan yang mati. Belum ditemukan metode untuk mengetahui adanya infeksi rabies pada hewan hidup.
  5. Virus rabies menyebar melalui kontak dengan air liur dari hewan terinfeksi. Transmisi biasanya melalui Gigitan Hewan Pembawa Rabies (GHPR), tetapi virus juga diketahui dapat menyebar melalui cakaran atau melalui luka terbuka.
  6. Periode inkubasi (peroide waktu antara masuknya virus hingga penyakit dan munculnya gejala penyakit) untuk rabies dapat sangat bervariasi. Periode inkubasi antara tiga hingga delapan minggu, tetapi dapat terjadi kurang dari sembilan hari atau lebih dari beberapa tahun pada kasus tertentu.
  7. Periode inkubasi bergantung pada beberapa faktor, termasuk lokasi gigitan tempat masuknya virus, jumlah dan keparahan gigitan, dan sistem imun hewan tersebut. Umumnya, semakin jauh luka gigitan dari otak, semakin lama periode inkubasi berjalan.
  8. Hewan yang terinfeksi hanya akan menularkan rabies setelah munculnya gejala klinis.

     (Aldi_Keswan)


Baca Juga


INFORMASI

Video
Foto Galery