Melihat Desa Percontohan Sapi Unggulan di Rembang

Melihat Desa Percontohan Sapi Unggulan di Rembang

Administrator, Kamis, - 08:05:17 WIB

Belum lama ini Desa Mojokerto Kecamatan Sarang Kabupaten Rembang menjadi lokasi pesta Gebyar Upaya khusus Sapi Indukan Wajib Bunting ( UPSUS SIWAB ) karena program pemerintah tahun 2017 ini untuk menggalakkan para petani ternak dalam meningkatkan potensi ternaknya agar bisa berhasil guna dan bermanfaat guna kesejahteraan keluarga.

 

Desa mojokerto dijadikan Desa percontohan Sapi Ongo ( sapi PO ) karena rata rata para penduduknya beternak sapi PO, setiap KK mempunyai minimal 7 ekor sapi dan paling banyak 17 ekor sapi jadi satu desa di Mojokerto kalau di kumpulkan ada sekitar 1.300 an ekor sapi , hal ini yang menjadikan Pemerintah Daerah Kabupaten Rembang Khususnya Dinas Pertanian dan Pangan melalui Bidang Peternakan untuk berperan guna meningkatkan perkembangan para peternak sapi PO, menjaga kesehatan sapi, memberikan suntikan IB (Inseminasi Buatan) secara GRATIS dalam arti petugas tidak boleh memungut biaya dalam penyuntikan IB karena hal ini sudah dianggarkan dari Pemerintah Pusat .
Dalam acara Gebyar SIWAB tersebut di adakan dengan tujuan menunjukkan gambaran potensi sapi PO di Wilayah sumber bibit dan menjaga semangat UPSUS SIWAB, menjaga semangat dan Kinerja UPSUS SIWAB Kabupaten Rembang, menjaga semangat peternak dalam beternak sapi PO dan mendukung wilayah sumber bibit sapi PO.
Kegiatan tersebut berlangsung tertib dan perwakilan dari kapubaten Rembang menyampaikan bahwa Pemerintah memberikan apresiasi kepada para peternak di Desa Mojokerto dan sekitarnya agar tetap menjaga produktifitas ternak sapi PO ini karena kecamatan Kragan ditetapkan sebagai Percontohan Layak Sumber Bibit Sapi Potong oleh Dirjen peternakan dan Kesehatan Hewan dan Rembang masuk dalam urutan ke 4 se Jateng populasi sapi PO antara lain : No. 1. Kab. Blora No. 2. Kabupaten Grobogan No. 3. Kabupaten Wonogiri No. 4. Kabupaten Rembang No. 5. Kabupaten Pati. Untuk itu diharapkan para petani Ternak agar tetap menjaga produktifitas perkembangan sapi PO agar kesejahteraan petani ternak bisa meningkat .
sumber: http://nusantaranews86.com/desa-mojokerto-rembang-menjadi-desa-percontohan-peternak-sapi-unggulan/ 

 


Baca Juga


INFORMASI

Video
Foto Galery