MENTAN, BUKA KEGIATAN HPS KE 36 BOYOLALI

MENTAN, BUKA KEGIATAN HPS KE 36 BOYOLALI

Administrator, Senin, - 12:26:24 WIB

BOYOLALI - Menteri Pertanian (Mentan) Republik Indonesia Arman Sulaiman membuka kegiatan peringatan Hari Pangan Sedunia (HPS) ke-36 2016 yang dipusatkan di kompleks Perkantoran Terpadu Pemerintah Kabupaten Boyolali, Jumat.(28/10)

Didampingi Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, Bupati Boyolali Seno Samdoro, dan Mark Muller Perwakilan dari Food and Agriculture Organization (FAO), Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), usai membuka acara HPS, Amran Sulaiman kemudian berlanjut menuju ajang pameran tehnologi pertanian, peternakan, dan stand-stand Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di lahan pertanian di Kompleks Perkantoran Terpadu Pemkab Boyolali.

Muhammad Syakir, Ketua Panitia HPS ke-36, yang juga Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan, Kementan, mengatakan, “Peringatan HPS pada tahun ini, tepatnya tanggal 16 Oktober 2016 diperingati oleh setiap negara dengan mengangkat tema HPS Internasional “Climate is Changing, Food Agriculture Must Too” dan untuk tema Indonesia "Membangun Kedaulatan Pangan di Era Perubahan Iklim".

Hal ini, untuk menyoroti pentingnya dampak perubahan iklim terhadap produksi dan ketersediaannya.

HPS kali ini dicanangkan sebagai Hari Pangan Indonesia atau Indonesia World Food Day.

Peringatan HPS diisi dengan pameran teknologi dan Demonstrasi usaha tani gabungan kelompok (Dem Area) di Desa Trayu Kecamatan Banyudono seluas 100 hektar. "Fokus percontohannya yakni teknologi padi 'Jarwo Super' dan Jagung Hibrida tongkol 2 Prolifik," ujar Syakir.

Selain itu, Kementan juga menyiapkan gelar teknologi aneka komoditas di areal seluas 16 hektare di lingkungan kompleks Perkantoran Terpadu Pemerintah Kabupaten Boyolali yang bekerjasama dengan KKP dan penyuluh serta Sekolah Pertanian di Boyolali.

Menurut syakir, “Partisipasi masyarakat lokal untuk gelaran teknologi pertanian yang sederhana yang banyak bermanfaat dan dapat sebagai percontohan sehingga dapat diaplikasikan untuk petani-petani di seluruh Indonesia.

Pameran Gelar Tehnologi memberikan penghargaan kepada petani Indonesia untuk dipamerkan, dan puncak acara HPS Ke 36 akan dilaksanakan di Alun-alun Kantor Pemkab Boyolali, pada Sabtu (29/10), serta rencana dihadiri oleh Bapak Presiden Joko Widodo.



Baca Juga


INFORMASI

Video
Foto Galery