Mewaspadai Ancaman Flu Burung

Mewaspadai Ancaman Flu Burung

Administrator, Kamis, - 08:09:50 WIB

Para peternak unggas agar tetap terus mewaspadai, bahwa meski unggasnya terlihat sehat walafiat tapi sebetulnya bisa saja ditemukan virus ganas AI (avian influenza) bahkan tanpa gejala sedikit pun.

Fenomena yang oleh Prof Dr Drh I Wayan Teguh Wibawan MS disebut juga dengan manivestasi subklinik inveksi ini sampai sekarang masih menjadi masalah di lapangan yang dialami para peternak unggas.

“Karena virus AI sifatnya terus berubah, sehingga pemberian vaksin juga harus mengikuti perkembangan yang ada,” kata I Wayan Teguh Wibawan saat berbicara pada seminar Pencegahan dan Penanggulangan Flu Burung pada Unggas di Studio Dreamlight, Ungaran, Rabu (12/4).

Kasus flu burung pernah meletup di Legok Jawa Barat 2003 dan 2006 serta di Sukabumi pada 2009, dimana telah ditemukan banyak unggas petelur mati dengan temuan pendarahan di dalam organ dalamnya.

Kekhawatiran munculnya virus yang ditularkan bukan melalui udara, tapi melalui kontak fisik unggas, kata pengajar Fakuktas Kedokteran Hewan Institut Pertanian Bogor (IPB) ini, sebetulnya bisa diantisipasi sejak awal.

“Antisipasinya yakni peternak harus memperhatikan spesifikasi pakan ternaknya. Jika asupan pakan ini nutrisinya bagus dan cukup, sebetulnya 70 persen masalah sudah teratasi,” kata Wayan.

Seminar yang diselenggarakan PT Eka Farma, perintis produsen pakan ternak di Indonesia yang didirikan Drh Nugroho ini, diikuti oleh kelompok tani, peternak, praktisi dan Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP).

sumber : http://berita.suaramerdeka.com/peternak-diimbau-tetap-waspadai-potensi-flu-burung/ 


Baca Juga


INFORMASI

Video
Foto Galery