PRESTASI MEMBANGGAKAN JAWA TENGAH DALAM EXPO DAN KONTES PETERNAKAN NASIONAL PENAS 2014

PRESTASI MEMBANGGAKAN JAWA TENGAH DALAM EXPO DAN KONTES PETERNAKAN NASIONAL PENAS 2014

Administrator, Selasa, - 10:41:14 WIB

MALANG - Provinsi Jawa Tengah menjadi Juara I Lomba Pengelolaan SDGH dalam Expo dan Kontes Peternakan Nasional 2014 yang diselenggarakan di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang, tanggal 7 – 11 Juni 2014. Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Jawa Tengah mengusung tema “Keberagaman SDGH Jawa Tengah” dengan maskotnya Sapi PO Kebumen. Hal ini karena sampai dengan tahun 2014 Jawa Tengah merupakan Provinsi yang paling banyak telah mendapatkan penetapan SDGH oleh Menteri Pertanian RI yaitu : Sapi PO, Sapi Jabres (Jawa Brebes), Kambing Kaligesing, Domba Wonosobo (Dombos), Domba Batur, Itik Tegal, Itik Magelang dan Ayam Kedu.

Beberapa upaya dan cara dilakukan  memperkenalkan SDGH Jawa Tengah kepada Peserta Penas yang berjumlah kurang lebih 35 ribu orang dan pengunjung yang silih berganti hadir mengunjungi Stand Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Jawa Tengah, melalui media video, Leaflet, Gantungan Kunci, Topi, Tas dan Jingle Lagu “Jateng Sejahtera dan Mandiri” dan “Sapi PO Kebumen”, disamping itu dihadirkan pula Ternak hidup berupa 1 pasang Itik Tegal, 1 pasang Itik Magelang, 1 pasang Ayam Kedu hitam Jengger merah dan Ayam Kedu CEMANI yang boleh dibilang menjadi magnet yang mampu menyedot perhatian pengunjung, karena berita dan cerita mistis “Ayam Cemani” yang membuat penasaran pengunjung pada ayam yang keseluruhannya berwarna hitam legam tersebut.

Keberadaan Stand SDGH Jawa Tengah selama penyelenggaraan 5 hari memang diluar dugaan, leaflet yang disediakan sebanyak 9 rim dalam kurun waktu 3 hari ludes, bahkan difotocopy sebanyak 3 kali sampai dengan hari terakhir penutupan, hal tersebut menunjukkan betapa para pengunjung yang hadir dari seluruh pelosok Nusantara,  haus dan penasaran akan informasi terhadap Potensi SDGH di Indonesia umumnya dan Jawa Tengah khususnya, yang memang potensinya sangat luar biasa. Pada kesempatan Talkshow Perbibitan, Jawa Tengah juga diminta sebagai narasumber terhadap Pelaksanaan Penerapan Surat Keterangan Layak Bibit (SKLB).

Keikutsertaan Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Jawa Tengah pada Expo dan Kontes Peternakan Nasional, ternyata mendapatkan apresiasi yang cukup membanggakan. Tim Juri yang hampir setiap hari berkeliling melakukan penilaian dari stand ke stand, Pada penutupan yang dihadiri langsung oleh Direktur Jenderal Peternakan Bapak Ir. Syukur Iwantoro, MS,MBA dan jajaran Direktur, dan Pejabat Eselon I lainnya, Dinas Peternakan Provinsi Jawa Tengah dinobatkan sebagai Juara I untuk katagori Lomba Pengelolaan Sumber Daya Genetik Hewan (SDGH) Sapi Kebumen dan Juara II Promosi SDGH serta Petugas Recorder atas nama Rusi Ambarwati, A.Md sebagai Recorder Sapi Perah Berprestasi Tingkat Nasional. Dan ternyata Apresiasi terhadap Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Jawa Tengah tidak berhenti disitu. Pada penutupan tersebut diberi kehormatan untuk mempromosikan Sapi PO Kebumen melalui lagu yang diciptakan dan dinyanyikan langsung oleh Ir. Ign. Hariyanta Nugraha, M.Si, Kepala Bidang Produksi pada Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Jawa Tengah. Namun demikian perjalanan tidak berhenti disini, masih banyak pekerjaan besar untuk melestarikan dan mengembangkan SDGH yang luar biasa tersebut, menjadi ternak tuan rumah di negeri sendiri. 

Terima kasih kepada semua pihak yang tidak dapat kami sebutkan satu per satu atas dukungan, kerjasama, motivasi, inspirasi dalam segala bentuk yang membantu kami dalam kegiatan ini,  sehingga dapat terlaksana dengan baik. Kiranya Tuhan Yang Maha Pemurah memberikan Anugerah yang terbaik pula atas budi baik semuanya. Amin. (by. IHN_Produksi)

 


Baca Juga


INFORMASI

Video
Foto Galery