Bapel Kesmavet

Bapel Kesmavet

Administrator, Rabu, 04 Desember 2013 - 10:17:05 WIB

BALAI PELAYANAN KESEHATAN MASYARAKAT VETERINER
Alamat : Jl. Cendana Nomor 11 Telp.(0276) 321036, Fax. (0276) 321300, BOYOLALI

Latar Belakang

Bahan asal hewan merupakan sumber protein yang mengandung asam amino sehingga dapat bermanfaat bagi pertumbuhan, kesehatan dan tingkat kecerdasan manusia. Namun demikian bahan asal hewan merupakan bahan pangan yang mudah rusak karena mudah tercemar secara fisik, kimiawi dan biologis, sehingga membahayakan kesehatan manusia serta dapat mengganggu ketentraman batin masyarakat dalam hal kehalalan.

Oleh karena itu, untuk mencegah dan mengurangi resiko yang dapat membahayakan kesehatan, keselamatan perlu dilaksanakan pengawasan dan pengujian terhadap keamanan dan mutu bahan asal hewan serta hasil olahan. 

Dengan demikian Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Jawa Tengah mendirikan Laboratorium Kesmavet yang sebelumnya adalah Laboratorium Pengujian susu di Milk Center. Laboratorium Kesmavet yang berlokasi di Jl. Cendana No. 14 Boyolali telah melaksanakan pengujian bahan asal hewan antara lain : Organoleptik, Kimiawi, Cemaran Mikroba, Residu Antibiotika dan  Identifikasi Spesies Daging, Metode Elisa.

Dengan adanya isu aktual yaitu pemalsuan dan penggunaan bahan pengawet/ pewarna yang bukan untuk bahan pangan yang bisa membahayakan kesehatan masyarakat dan pengujian kualitas bahan asal hewan untuk industri olahan serta tugas lain yang berhubungan dengan produk hewan yang ASUH maka Laboratorium Kesmavet yang sebelumnya berada dibawah Balai Pelayanan Peternakan Terpadu pada tanggal 20 Juni 2008 sesuai Peraturan Gubernur No. 34 Tahun 2008 berubah status menjadi Balai Pelayanan Kesehatan Masyarakat Veteriner (Bapel Kesmavet).

Kepala Balai : Drh. A.M TANTRI PROBORARAS
Susunan Organisasi :
  1. Kepala Balai
  2. Sub Bagian Tata Usaha
  3. Seksi Pengendalian Mutu Produk Bahan Asal Hewan
  4. Seksi Pengujian Bahan Asal Hewan
Tugas Pokok :
Melaksanakan sebagian kegiatan teknis operasional dan/atau kegiatan teknis penunjang Dinas di bidang pelayanan kesehatan masyarakat veteriner.

Fungsi :
  1. Penyusunan rencana teknis operasional pengendalian mutu produk bahan asal hewan dan pengujian bahan asal hewan
  2. Pelaksanaan kebijakan teknis operasional pengendalian mutu produk bahan asal hewan dan pengujian bahan asal hewan
  3. Pemantauan, evaluasi dan pelaporan bidang pelayanan kesehatan masyarakat veteriner
  4. Pengelolaan ketatausahaan
  5. Pelaksanaan tugas lain yang diberikan Kepala Dinas sesuai dengan tugas dan fungsinya
Jenis Pelayanan :
Pelayanan yang diberikan adalah pengujian mutu produk bahan asal hewan, berupa daging, telur, susu, kulit, bulu ,dll dengan tujuan untuk mencegah dan mengurangi resiko terganggunya keselamatan manusia dari produk hewan yang mengandung residu, cemaran dan unsur berbahaya (hazard) lainnya.


Satker Balai Kesmavet :
1. Laboratorium Kesmavet Boyolali, Jl.Cendana No.14 Boyolali Telp.(0276) 321036
2. Laboratorium Kesmavet Magelang, Jl.Magelang-Jogja, Km.22 Salam, Magelang
3. Laboratorium Kesmavet Pati,Jl.Tunggul Wulung No.103 Pati Telp.90295) 381895

Mengenai profil lengkap Bapel Kesmavet dapat dilihat dengan klik link ini