BPBT Non Ruminansia

BPBT Non Ruminansia

Administrator, Rabu, 04 Desember 2013 - 09:44:58 WIB

 
Alamat : Jl. Balekambang Lor No. 03 Manahan
Kec. Banjarsari, Kota Surakarta
Telp. 0271 712033

Kepala Balai : Ir. TUHU SULISTYO, MSi

Balai Pembibitan dan Budidaya Ternak Non Ruminansia (BPBTNR) dibentuk berdasarkan Peraturan Gubenur Jawa Tengah Nomor 34 tahun 2008 tentang Organisasi dan Tata Kerja Unit Pelaksana Teknis pada Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Jawa Tengah.

Tugas Pokok

Merupakan salah satu Unit Pelaksana Teknis (UPT) Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Jawa Tengah, yang mempunyai tugas pokok melaksanakan sebagian kegiatan teknis operasional san atau kegiatan teknis penunjang dinas di bidang pembibitan dan budidaya ternak non ruminansia. Sedangkan yang dimaksud dengan Ternak Non Ruminansia adalah salah satu golongan hewan yang memiliki perut hanya dengan sebuah lambung.

Tujuan

Tujuan dibentuknya BPBTNR diantaranya adalah :
  • Menghasilkan bibit ternak non ruminansia (Itik, ayam, kelinci dan aneka ternak lain) yang berkualitas dan terjangkau masyarakat peternak khususnya di Jawa Tengah.
  • Menghasiilkan produk hasil ternak (telur, itik, telur ayam, daging ayam, daging itik dan daging kelinci) untuk mendukung penyediaan bahan pangan asal ternak yang aman, sehat, utuh dan halal(ASUH).
  • Meningkatkan perannya dalam upaya peningkatan pengetahuan dan ketrampilan masyarakat peternak Jawa Tengah dalam penerapan Good Farming Practice melalui, penyediaan sarana dan prasarana untuk penelitian, praktek kerja lapangan, kajian study, magang, dan kunjungan lain.
  • Mengoptimalkan penerimaan Pendapatan Asli Daerag (PAD) melalui penjualan produk usaha daerah yang berkualitas.

Sasaran

  • Meningkatkan populasi dan produksi telur itik di Satker Itik Banyubiru, melalui penambahan populasi, peremajaan (Replacement) dan perbaikan pengelolaan penetasan telur.
  • Meningkatkan populasi dan produksi bibit dan telur ayam melalui peremajaan (replacement) ayam. Pelaksanaan inseminasi buatan dan persilangan.
  • Meningkatnya populasi dan mutu genetic kelinci, melalui penambahan populasi perbaikan bibit dan seleksi genetic.
  • Menambah jenis ternak yang dibudidayakan di Satker Aneka Ternak Balekambang Kota Surakart, melalui pengadaan rusa dan burung.
Satker BPTNR ;
1. Pembibitan dan Budidaya Aneka Ternak (Kelinci, Burung dan
    Rusa) Balekambang Surakarta.
2. Pembibitan dan Budidaya Ternak Itik Banyubiru ;
3. Pembibitan dan Budidaya Ternak Ayam Buras Maron Temanggung