Selayang Pandang

Selayang Pandang

Administrator, Rabu, 04 September 2013 - 15:03:56 WIB

Pembangunan bidang peternakan secara kontinyu dan terarah dalam beberapa tahun terakhir telah memberikan kontribusi terhadap bagi pembangunan daerah, secara langsung dalam pembentukan Produk Domestik Regional Bruto (PDRB), penyerapan tenaga kerja, dan peningkatan pendapatan masyarakat, dan tidak langsung melalui penciptaan kondisi yang kondusif bagi pelaksanaan pembangunan dan hubungan sinergis dengan sektor lain.  Sumber daya manusia bersama-sama dengan sumber daya alam, teknologi dan kelembagaan merupakan faktor utama yang secara sinergis menggerakkan pembangunan peternakan untuk mencapai peningkatan produksi peternakan.  Sumbangan bidang peternakan yakni pada penyediaan bahan pangan asal hewan dan bahan baku industri, serta ikut berperan dalam penanggulangan kemiskinan (gulkin) melalui penyediaan lapangan kerja, membuka kesempatan berusaha dan peningkatan pendapatan riil masyarakat.  
 
Sektor peternakan merupakan salah satu bidang usaha yang hampir merata tersebar dan dilakukan oleh sebagian besar masyarakat di Jawa Tengah.  Provinsi Jawa Tengah merupakan salah satu penyangga produksi nasional, dengan komoditas utama yaitu daging, telur dan susu.  Ketiga komoditas tersebut harus ditunjang dengan ketersediaan populasi ternak yang memadai dengan produktivitas yang tinggi.  Masyarakat peternakan di Jawa Tengah sebagai bagian dari para pemangku kepentingan (stakeholders) berperan sangat urgen dalam upaya pembangunan peternakan dan kesehatan hewan, karena masyarakat adalah pelaku utama bidang peternakan dan kesehatan hewan.
 
Selanjutnya, dengan telah ditetapkan Peraturan Daerah Provinsi Jawa Tengah Nomor 5 Tahun 2014 tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Provinsi Jawa Tengah Tahun 2013-2018, maka Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Dinak Keswan) Provinsi Jawa Tengah sebagai Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) menyusun Rencana Strategis (Renstra) sebagai bentuk penjabaran operasional visi dan misi Gubernur Jawa Tengah. 
 
Renstra Dinak Keswan merupakan dokumen perencanaan periode 5 (lima) tahun, di dalamnya memuat visi, misi, tujuan, strategi, kebijakan, program dan kegiatan pembangunan yang disusun sesuai dengan tugas dan fungsi Dinak Keswan sebagai penyusun dan pelaksana kebijakan daerah di bidang pembangunan peternakan dan kesehatan hewan, serta bersifat indikatif.  Selain itu, juga memberikan gambaran perwujudan pelayanan Dinak Keswan selama 5 (lima) tahun ke depan.   
 
Renstra Dinak Keswan 2013 - 2018 dapat di download disini