SEMARANG, 9 September 2019 di Hotel Pandanaran Semarang dilaksanakan Rakor #BEKERJA. Program #BEKERJA  "Bedah  Kemiskinan Rakyat Sejahtera" merupakan program yang digulirkan oleh Kementerian Pertanian melalui Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan (PKH) untuk mengintervensi kegiatan percepatan penanggulangan kemiskinan. Kegiatan #BEKERJA Ditjen PKH tahun 2019 bertujuan untuk meningkatkan produksi ternak ayam/itik dan pemenuhan kebutuhan protein hewani. Sasaran Kegiatan #BEKERJA yaitu Rumah Tangga Miskin Pertanian (RTM-P) dari data Basis Data Terpadu (BDT) Kementerian Sosial, paket bantuan yang akan diterima oleh setiap RTM-P yaitu ternak ayam sejumlah 50 ekor, pakan 150 kg, satu paket obat hewan, dan bantuan pembuatan kandang sebesar Rp.  500.000,- (lima ratus ribu rupiah). 


Untuk mengkoordinasikan kesiapan Jawa Tengah dalam melaksanakan Program #BEKERJA dari Ditjen PKH, Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Disnak Keswan)  Provinsi Jawa Tengah menyelenggarakan Pertemuan Koordinasi Kegiatan #BEKERJA. Rakor ini diikuti oleh Kabupaten pelaksana kegiatan #BEKERJA dibawah koordinasi Satker Pusat BBvet Wates (Kab. Kebumen, Blora dan Klaten) dan BBPTU HPT Baturraden (Kab. Pemalang dan Grobogan). Adapun unsur peserta Rakor dari Kabupaten terdiri dari Kepala Desa, Camat, TKSK dan Dinas Teknis yang menangani peternakan dari kabupaten, dengan jumlah peserta + 250 orang. 

Rakor #BEKERJA dibuka oleh Kepala Disnak Keswan Ir. Lalu M. Syafriadi, MM. Dalam sambutan Kepala Dinas (red. Lalu M. Syafriadi) beliau menyampaikan terima kasih atas atensi dan perhatian dari pemerintah pusat (Ditjen PKH) yang telah mengalokasikan kegiatan #BEKERJA di Jawa Tengah pada 8 Kabupaten, 31 Kecamatan, 287 Desa, 62.111 RTMP (Rumah Tangga Miskin Petani) sebagai penerima manfaat kegiatan #BEKERJA tahun 2019, akan mendapatkan bantuan sosial berupa bibit ayam Joper (Jowo Super) sebanyak 3.105.450 ekor. “Bantuan ini diharapankan  bisa membantu untuk peningkatan  pendapatan dan peningkatan gizi keluarga, sebagai upaya pemerintah untuk mengurangi  stunting yang ada di Jawa Tengah”, papar Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Jawa Tengah.

Selanjutnya drh. Makmun, M.Sc (Kasubdit Unggas Ditjen PKH) menyampaikan bahwa secara nasional tahun 2019 ini target lokasi kegiatan #BEKERJA  mencakup 12 Provinsi, 57 Kabupaten, 206 Kecamatan dan 2.366 Desa dengan sasaran 209.127 RTMP dan ayam bantuan sejumlah 10.456.350 ekor.  Titik kritis dalam kegiatan #BEKERJA yaitu saat distribusi bantuan, hal-hal yang harus diperhatikan yaitu penjadwalan distribusi bantuan harus secara tertib administrasi dan teknis, kesiapan kandang sebelum distribusi, pelaksanaan distribusi diharapkan selesai akhir november dan penyelesaian administrasi hibah secara tertib dan benar. 

 

(Red. Atok_Bddy/edit by ats