Program #Bekerja (Bedah Kemiskinan Rakyat Sejahtera) berbasis Pertanian merupakan program Kementerian Pertanian yang bertujuan untuk mendistribusikan bantuan kandang, ayam, pakan dan obat untuk meningkatkan penyediaan protein hewani dan pendapatan rumah tangga miskin.

Pada tahun 2019 program #Bekerja dialokasikan di 13 Provinsi untuk melakukan percepatan penanggulangan kemiskinan bidang pertanian yang meliputi : padat karya tunai desa, penanganan stunting dan Pengentasan daerah rentan rawan pangan.

BBPTUHPT Baturraden pada tahun 2019 sebagai UPT pelaksana untuk pengadaan dan distribusi bantuan kandang, ayam, pakan, obat dan vitamin di Kabupaten Pemalang sebanyak 3055 RTMP dan Grobogan sebanyak 13.510 RTMP dengan total distribusi bantuan untuk 16.565 RTMP.

Jenis bantuan yang diberikan untuk tiap RTMP di Kabupaten Grobogan adalah bantuan biaya pembuatan kandang 1 unit,  50 ekor ayam lokal/persilangan dengan umur minimal 4 minggu, 150 kg pakan  serta 1 paket obat dan vitamin.

Pelaksanaan kegiatan #Bekerja di Kabupaten Grobogan adalah pengadaan dan distribusi bantuan biaya pembuatan kandang 13.510 unit, 675.500 ekor ayam, 2.026.500 kg pakan dan 13.510 paket obat dan vitamin untuk 13.510 RTMP di 56 Desa pada 5 Kecamatan Kabupaten Grobogan yaitu Kecamatan Brati, Klambu, Tanggungharjo, Purwodadi dan Toroh dengan rincian :

-            Kecamatan Brati di 9 desa , 1.972 RTMP

-            Kecamatan Klambu di 9 desa  1.803 RTMP

-            Kecamatan Tanggungharjo di 8 desa 2115 RTMP

-            Kecamatan Purwodadi di 14 desa, 3.010 RTMP

-            Kecamatan Toroh di   16 desa, 4610 RTMP

 

Dalam penetapan calon penerima dilakukan verifikasi RTMP untuk memastikan bahwa penerima sebagai RTMP pada Data Terpadu Program Penanganan Fakir Miskin yang ditetapkan kementerian yang menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang sosial dengan lokasi yang ditetapkan dalam Peraturan Menteri Pertanian Nomor 14 tahun 2019 sebagaimana telah diubah dengan Peraturan Menteri Pertanian Nomor 26 tahun 2019. Sebelum distribusi diadakan kegiatan Bimbingan Teknis untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan Tim Pendamping yang akan  diteruskan ke RTMP yang telah dilaksanakan di Semarang pada tanggal 6 Agustus 2019. Kemudian dilanjutkan Pertemuan Koordinasi Persiapan Pelaksanaan DIstribusi yang dilaksanakan di Semarang pada tanggal 28 Agustus 2019.

Distribusi pertama untuk Kabupaten Grobogan adalah tanggal 13 September 2018 di kecamatan Brati, dan selanjutnya diikuti dengan distribusi ke 4 Kecamatan yaitu Klambu, Tanggungharjo, Purwodadi dan Toroh. Dan diharapkan pada tanggal 26 Oktober 2019  telah terdistribusi 100% bantuan ayam sebanyak 675.500 ekor.

Pelaksanaan pengadaan dan distribusi bantuan pembuatan kandang, ayam, pakan, obat dan vitamin, mendapatkan pengawalan dari TP4 D Kejaksaan Negeri Purwokerto

Terselenggara atas kerjasama BBPTUHPT Baturraden, Ditjen PKH, Pemda Kabupaten Grobogan, Dinas Peternakan dan Keswan Kabupaten Grobogan, Dinas Sosial Kab Grobogan beserta TKSK dan jajarannya, PPL, Babinsa, Babinkamtibmas, Camat, Kades dan jajarannya sehingga diharapkan distribusi selesai sesuai harapan

Lokasi Lounching saat ini di Desa Dimoro, kec Toroh dengan 400 RTM dengan jumlah ayam yang didistribusi sebanyak 20.000 ekor.

Pendampingan dan Monitoring kegiatan dilaksanakan dari awal sampai selesai distribusi, baik oleh Tim Bekerja Kementerian Pertanian, Pakar, Tim supervisi, Tim Balai sebagai pelaksana kegiatan maupun oleh dinas Peternakan  dan Perikanan kab Grobogan untuk mengetahui perkembangan ternak di RTMP dan sebagai bahan evaluasi pelaksanaan kegiatan.

Pembinaan teknis pasca distribusi dilakukan oleh Dinas Kabupaten, dengan memperhatikan aspek teknis pemeliharaan dan kesehatan ternak. Pembinaan dari Dinas Sosial dengan pengembangan Kelompok Usaha Bersama (KUBE) sebagai program asistensi kesejahteraan sosial keluarga.

 

by: slamet_ks/edit_ats