BOYOLALI, 1 Juli 2019 Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Jawa Tengah melalui Balai Veteriner Boyolali mengadakan kegiatan GEMARI PAH ASUH (Gerakan Masyarakat Rindu Pangan Asal Hewan yang Aman, Sehat, Utuh dan Halal. Kegiatan ini merupakan serangkaian kegiatan dalam rangka memperingati Hari Susu Nusantara (HSN).

Hadir pada Acara GEMARI PAH ASUH Bapak Kepala Dinas (red. Lalu M Syafriadi), Pimpinan PT. So Good Food Boyolali dan Pakar persusuan dari UNS Surakarta (Winny Swastike, S.Pt, MP). Hadir juga dari Dinas yang membidangi fungsi Peternakan dan Kesehatan Hewan  se-karesidenan  Surakarta.

Pada acara tersebut dilaksanakan Dialog Interaktif dan  Gerakan Minum Susu   bagi anak usia sekolah (GERIMIS BAGUS) yang diikuti sebanyak 250 siswa (PAUD, TK dan SD).



Kegiatan ini bertujuan untuk :

1.      Meningkatkan kesadaran anak – anak dan masyarakat untuk meningkatkan konsumsi Pangan Asal Hewan yang Aman, Sehat, Utuh dan Halal

2.      Meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya minum susu dan produk susu setiap hari.

3.      Meningkatkan konsumsi susu bagi masyarakat.

4.      Menjadikan susu sebagai komoditas asupan sehari-hari pendamping makanan pokok

Keluaran yang diinginkan :

1)     Masyarakat gemar minum susu setiap hari

2)     Susu segar ditingkat peternak, TPS, KUD dan Industri terjamin kualitasnya (memenuhi persyaratan Mutu Susu Segar).

3)     Pihak Industri pengolahan susu menghasilkan produk susu yang berkualitas ASUH (aman, sehat, utuh dan halal) dengan menerapkan sistem manajeman Jaminan mutu.

4)     Gerakan  masyarakat rindu pangan asal hewan yang ASUH  yang terus menerus mengedukasi  masyarakat tentang pentingnya konsumsi susu untuk pemenuhan gizi masyarakat menuju tumbuhnya generasi milenial cerdas, melalui media cetak, media sosial, media elektronik.

5)     Tumbuhnya kolabarasi dari berbagai stakeholder dan masyarakat persusuan tentang pengembangan dunia usaha berbasis susu (resto susu, kedai susu, restoran susu, wahana wisata susu, kuliner susu, dll) sekaligus meningkatkan keamanan konsumen dan kesejahteraan masyarakat.

Gerakan masyarakat rindu pangan asal hewan yang aman, sehat, utuh dan halal menuju generasi milenial cerdas minum susu setiap hari, mempunyai peran penting dalam mengangkat citra susu dan produk olahan susu local Jawa Tengah yang memenuhi persayaratn jaminan mutu yang dicintai masyarakat, sekaligus mamacu peluang usaha bidang susu/entrepreneur. Kegiatan ini perlu disupport oleh berbagai lapisan masyarakat dan stakeholder  menuju generasi milenial cerdas, berkelanjutan  dan berdaya saing

#sks_010719