Pernah merasakan gurihnya dodol susu atau kerupuk telur asin? Sayang sekali, padahal rasanya itu bikin lidah bergetar, lho gaes!

Dodol susu dan kerupuk telur asin buatan chef anak kandang merupakan beberapa contoh produk olahan hasil ternak yang dipraktekkan dalam in-house training yang diselenggarakan oleh Balai Budidaya dan Pembibitan Ternak Terpadu (BBPTT) di Dukuh Duwet, Desa Sumberejo, Kec. Kaliwungu, Kab. Kendal pada Rabu, 30 Oktober 2019 pagi, mulai pukul 09:00 WIB. Kegiatan ini untuk meningkatkan sikap, pengetahuan, dan keterampilan para karyawan BBPTT dalam pelaksanaan tugas. Kegiatan yang kali ini mengambil dua topik pembahasan yaitu “Penerapan Good Breeding Practice (GBP) pada Pembibitan Ternak” dan “Pemanfaatan Hasil Ternak Afkir Menjadi Produk Olahan” mendapat antusiasme yang tinggi dari 80 orang peserta dari seluruh Taman Ternak yang ada di lingkup BBPTT.


Selaku narasumber pada kegiatan ini yaitu Dr. Agung Prabowo, S.Pt, MP, dari Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Jawa Tengah, yang memaparkan tentang penerapan GBP pada pembibitan ternak, dan drh. Siti Susanti, PhD dari Fakultas Peternakan dan Pertanian (FPP) Universitas Diponegoro (UNDIP) yang memaparkan tentang pengolahan hasil ternak afkir, serta memandu jalannya praktek pengolahan hasil ternak. Kegiatan ini berhasil meningkatkan pengetahuan para petugas di taman ternak tentang GBP pada pembibitan ternak, serta alternatif pengolahan hasil ternak afkir, sehingga dapat meningkatkan nilai ekonomis atau nilai tambah yang tinggi.

Beberapa peserta menyampaikan apresiasi terhadap kegiatan ini dan berencana untuk mengaplikasikan ilmu yang didapat pada kegiatan ini. Seorang peserta dari Taman Ternak Sapi Maron berkomentar “wah… susu hasil produksi yang berlebih bisa saya olah menjadi dodol juga ini…” dengan penuh antusiasme. Sementara peserta dari Taman Ternak Banyubiru lebih tertarik untuk mengembangkan kerupuk telur asin. Sedangkan peserta dari Taman Ternak Aneka Ternak Balekambang menyukai risoles yang lembut dan gurih…

Dan yang pasti, aura kebersamaan dalam kegiatan kali ini telah meleburkan suasana dan menambah renyah silaturahmi antar-sesama karyawan BBPTT, seperti melelehnya saos mayonais dan kriuk-nya kerupuk telur asin saat gigitan pertama.

Kriuk… nyam… nyam…


by:alams_bbptt/edit_ats