REMBANG - Gelar Potensi Peternakan (GPP) dan Gebyar UPSUS SIWAB merupakan agenda rutin tahunan Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Disnak Keswan) Provinsi Jawa Tengah sebagai media promosi dan apresiasi terhadap para peternak, pelaku usaha yang sudah konsen menekuni bidang peternakan, baik aspek hulu, on farm, maupun hilir.  Tahun 2019 ini GPP dan Gebyar SIWAB dilaksanakan di kota Rembang tepatnya di Area GOR Rembang Jl. Raya Rembang-Blora Km. 5 Mbesi Kab. Rembang pada tanggal 24-25 September 2019.

Salah satu acara yang banyak menarik minat masyarakat pada gelaran GPP dan Gebyar SIWAB ini adalah kontes ternak tingkat Provinsi Jawa Tengah.  Adapun ternak yang dilombakan terdiri dari Sapi 5 kategori lomba yaitu sapi induk, sapi calon induk, sapi pejantan, sapi calon pejantan dan sapi penggemukan; Kambing 4 kategori yaitu Kambing PE Kaligesing induk, calon induk, pejantan, dan calon pejantan; dan domba 4 kategori  yaitu domba wonosobo induk, calon induk, pejantan dan calon pejantan. 

Rangkaian kontes ternak ini sudah dimulai dengan visitasi ke kabupaten/kota yang mendaftarkan diri ikut kontes sejak minggu ke 4 bulan Agustus sampai dengan minggu ke 2 bulan September 2019 oleh tim fungsional Pengawas Bibit Ternak (Wasbitnak) Disnak Keswan Provinsi Jawa Tengah. Dari hasil visitasi ini masing-masing diambil 8 ekor ternak masing-masing kategori sebagai nominator kontes ternak babak final yang akan dinilai oleh tim Juri independen pada Gelaran Acara GPP dan Gebyar SIWAB 2019. 


Tim Juri kontes Sapi yaitu LOLIT Grati, Ditjen PKH Pusat dan UGM;  tim Juri Kambing yaitu BPTP, Perkannas, dan UNDIP; Tim Juri Domba terdiri dari BPTP, UNDIP dan Wasbitnak Disnak Keswan Provinsi Jawa Tengah.  Hasil penilaian tim Juri keluar sebagai Juara I Sapi PO Pejantan adalah Sapi milik Bpk Sulthon, Desa Tengguli Kec. Bangsri Kab. Jepara; Juara I Sapi PO calon Pejantan, sapi milik Bpk. Endaryono Desa Sanggrahan, Kec. Prambanan KLaten; Juara I Sapi PO induk milik Bpk. M. ALi Wafa Desa Pamotan RT 01/RW 13 Kec. Pamotan Rembang;  Juara I Calon induk Sapi PO milik Dawam Suprapto Desa Kalitengah Kec. Pancur, Kab. Rembang.  Adapun hasil kontes ternak secara lengkap dapat dilihat dengan klik tautan berikut ini 



Masing-masing pemenang mendapatkan piagam penghargaan, trophy, dan uang pembinaan yang diserahkan oleh Dirjen PKH Kementrian Pertanian RI I Ketut Diarmita didampingi Bupati Rembang H. Abdul Hafidz, Assisten Ekonomi dan Pembangunan  Provinsi Jawa Tengah Peni Rahayu dan Kepala Disnak Keswan Provinsi Jawa Tengah  Lalu M. Syafriadi pada puncak acara GPP dan Gebyar SIWAB tangal 25 September 2019. Ternak juara kontes kemudian diarak di depan panggung utama dan mendapat sambutan meriah dari pejabat yang hadir serta tamu undangan. (Atok_Bddy)