Ungaran,  Oktober 2019 - Sejumlah 50 orang peserta dari Kabupaten/Kota dan Petugas Provinsi Jawa Tengah mengikuti pelatihan Inseminasi Buatan (IB) pada Unggas selama 3 hari dari tanggal 30 September sampai 2 Oktober 2019 di Gedung B Disnakeswan Provinsi Jawa Tengah, Kompleks Tarubudaya Ungaran.

 

Peserta dimaksud bertugas mendampingi Program Gulkin (Program Penanggulangan Kemiskinan) bantuan ayam se-Jawa Tengah. Masalah yang dihadapi adalah fertilitas dan daya tetas yang rendah pada jenis telur ayam kampung. Salah satu penyebabnya adalah umur ayam jantan yang masih muda.

 

Salah satu upaya untuk meningkatkan fertilitas telur dilakukan melalui inseminasi buatan. Teknik yang harus dikuasai peserta meliputi penampungan semen dari ayam jantan; pengenceran semen serta melakukan inseminasi yaitu deposisi semen pada ayam betina.

 

Dengan adanya kegiatan ini diharapkan petugas mampu mendampingi penerima bantuan serta meningkatkan populasi ternak ayam kampung pada gilirannya juga dapat meningkatkan pendapatan serta konsumsi telur guna tambahan gizi masyarakat dan antisipasi stunting. 


#harjuli_psp/edit. ats