BOGOR, 4 Desember 2019 - Kabar menggembirakan diperoleh dari rapat koordinasi dan evaluasi Transfer Embrio 2019 di Wisma Pertanian Cipayung Bogor. Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Jawa Tengah meraih TE AWARD bersama dengan Provinsi Sumatera Barat dan Provinsi Sumatera Utara.

TE AWARD merupakan bentuk apresiasi pemerintah pusat terhadap daerah daerah yang dinilai berhasil dalam pelaksanaan kegiatan Embrio Transfer.

Penilaian tersebut meliputi 4 aspek :

1. Realisasi pelaksanaan TE dari embrio yang sudah didistribusikan

2. Presentase kebuntingan hasil TE

3. Presentase kelahiran hasil TE

4. Konsistensi pelaporan

Tahun ini Provinsi Jawa Tengah menerima alokasi 60 embrio dari BET CIPELANG, yang terdiri dari embrio Sapi Simental 20 dosis, Limosin 20 dosis, PO, FH, Angus dan Brangus masing masing 5 dosis. Embrio-embrio tersebut selanjutnya didistribusikan ke 12 kabupaten/kota dan juga BBPTT provinsi.

Sampai dengan awal Desember 2019 tercatat sudah 50 embrio yang sudah diaplikasikan, dan dari laporan pemeriksaan kebuntingan 15 ekor dinyatakan POSITIF bunting.

Kelahiran anak hasil tahun ini sudah ada 5 kelahiran : 2 ekor di Magelang dan masing masing 1 ekor di Kendal, wonosobo dan wonogiri.

Beberapa kendala yang masih menjadi PR bersama dalam kegiatan embrio transfer antara lain kesiapan resipien yang layak TE, jumlah SDM petugas TE aktif masih terbatas, dan yang tidak kalah penting adalah pengamanan anak hasil TE dimasyarakat. Pengamanan anak hasil TE ini meliputi pengamanan dari segi tata cara pemeliharaannya sehingga pedet TE dapat tumbuh dan berkembang dengan optimal, serta pengamanan terhadap upaya penjualan anak hasil TE .

Sebagaimana diketahui bahwa saat ini TE merupakan salah satu teknologi yang paling cepat untuk memperoleh "pure breed" sehingga diharapkan anak hasil TE jantan diharapkan dapat menjadi Calon BULL dan yang betina bisa dijadikan indukan unggul maupun betina DONOR untuk kegiatan kegiatan TE selanjutnya.

Semakin Maju Peternakan Jawa Tengah, Semakin Maju Peternakan Indonesia....

by: sks_41219/edit: ats