Jepara,  September 2021 – Bulan Bhakti Peternakan dan Kesehatan Hewan (BBPKH) yang diperingati setiap tanggal 26 Agustus – 26 September setiap tahunnya, kali ini Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Disnakkeswan) Provinsi Jawa Tengah memperingatinya sedikit berbeda dari tahun sebelumnya karena memang masih masa pandemi serta diberlakukannya PPKM. Peringatan BBPKH dirangkai dengan Peringatan World Rabies Day (WRD). 

Kegiatan yang diberikan tema “Bersatu Membangun Peternakan dan Kesehatan Hewan Jawa Tengah Yang Maju dan Mandiri” terlaksana atas prakarsa Disnakkeswan Jateng bekerjasama dengan organisasi profesi antara lain : Ikatan Insinyur dan Sarjana Peternakan Indonesia (ISPI PW Jawa Tengah), Persatuan Dokter Hewan Indonesia (PDHI PW Jawa Tengah), Paramedik Veteriner Indonesia (PARAVETINDO PW Jawa Tengah), Keluarga Alumni Fakultas Peternakan Universitas Jenderal Soedirman (KAFAPET UNSOED Semarang Raya ) serta didukung berbagai stakeholder dan pelaku usaha peternakan baik dari Perusahaan Pakan Ternak (antara lain: Malindo, Sido Agung, Cepogo Agro Lestari, Puspetasari, Nufeed), Perusahaan Pengolahan Susu (Susu Cita Nasional, Cimory), Rumah Potong Unggas (CV. Paritama Karkasindo Utama, PT Sinar Pahala Utama), Dharmawanita Persatuan Disnakkeswan Jateng dan KPRI Gembala Makmur.  

Sejumlah kegiatan telah dilaksanakan secara marathon seperti : Bhakti Sosial, Pelayanan IB Gratis 1000 ekor, Gerimis (Gerakan Minum Susu), Pembagian Pangan Asal Hewan, Pembagian Produk Peternakan bagi anak-anak Sekolah, Vaksinasi Hewan Kesayangan (Pet Animal) Gratis, Pelayanan Kesehatan Hewan Gratis, Donor Darah dan Webinar. 

Acara puncak pada tanggal 16 September 2021, dilakukan Bakti Sosial di Desa Bucu dan Sumanding, Kecamatan Kembang - Kabupaten Jepara dengan berbagai kegiatan yaitu :

1) Penyerahan Paket sembako berupa beras, gula, minyak goreng, kecap, telor ayam dan 1 ekor karkas ayam kepada 400 warga prasejahtera.

2) Penyerahan Paket Makanan tambahan berupa telor, susu, yogurt, sosis serta kue kepada 600 siswa siswi SD, MI, PAUD.

3) Penyerahan bantuan Pakan Konsentrat sebanyak 4 ton pada 5 klpk korporasi Sapi Potong dan 1 ton pakan konsentrat ayam broiler untuk kelompok yang tergabung dalam Pangon Maliter.

4) Bantuan Pakan Hijauan segar berupa rumput gajah odot sebanyak 5 ton dari Kafapet Unsoed Semarang Raya untuk 5 kelompok Korporasi Sapi Potong. 

5) Penyerahan bantuan bibit rumput pakchong sebanyak 5.000 stek dari Pengurus Wilayah ISPI Jateng kepada 5 kelompok Korporasi Sapi Potong. 

6) Pengobatan ternak sapi sebanyak 200 ekor yg dilaksanakan oleh PDHI Jateng.

7) Pelaksanaan Inseminasi Buatan (IB) gratis serentak di Jawa Tengah sebanyak 1.000 akseptor yg dilaksanakan oleh Paravetindo Jateng 

Acara puncak yang dihadiri oleh Bapak Plt. Asisten III Pemerintah Kabupaten Jepara berjalan dengan lancar dengan tetap menerapkan protokol kesehatan ketat, “Kegiatan ini bagus sekali, awalnya saya kira adalah kegiatan biasa yang dianggarkan secara rutin dari dinas namun ternyata saya salah mengira karena setelah saya lihat isinya adalah berasal dari hasil kerjasama dengan organisasi profesi non profit dan perusahaan-perusahaan yang di organisir oleh Dinas. Saya berharap kegiatan semacam ini dapat diduplikasi di Kabupaten Jepara” tandas beliau pada akhir sambutannya. Peternakpun merasa bahagia “Kegiatan ini sangat bermanfaat untuk peternak, dan kami  berharap Kabupaten Jawa Tengah mampu turut berkontribusi memenuhi kebutuhan pangan nasional “ diungkapkan oleh wakil Kelompok Korporasi Pangon Maliter,  dengan adanya perhatian semacam ini dari pemerintah ataupun pihak-pihak yang peduli kepada kepentingan peternak.

Sebagai penutup rangkaian kegiatan ini akan dilaksanakan Webinar pada tanggal 23 September 2021, dengan Narasumber kompeten yaitu : 

1. Ketua Tim Penggerak PKK Prov.Jateng (Ibu Atiqoh Ganjar Pranowo)

2. Ketua PB ISPI (Ir. Didiek Purwanto, IPU)

3. Penggiat Pecinta Hewan Kesayangan (Karin Franken – DMFI).

Jangan terlewatkan, webinar dibuka untuk umum secara gratis dan mendapatkan sertifikat. Silahkan segera lakukan registrasi pada link : https:/intip.in/BBPKH2021


Redaksi :ats