Jepara (12/05/2022) - Gubernur Jawa Tengah (Ganjar Pranowo) telah siapkan strategi untuk menangkal masuknya Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) ke Provinsi Jawa Tengah. Hal ini disampaikan oleh Ganjar didampingi Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Jateng Agus Wariyanto disela-sela kunjungan kerja di Kelompok Tani Ternak (KTT) Guyub Rukun, Desa Sumanding, Kecamatan Kembang, Kabupaten Jepara. 

Jawa Tengah sebagai jalur tengah di pulau Jawa, harus waspada mengingat Provinsi Jawa Timur (4 Kabupaten) sebagai episentrum telah terlebih dahulu ditetapkan Menteri Pertanian sebagai Daerah Wabah PMK. Oleh karena itu, perlu perhatian khusus dan langkah cepat upaya antisipasi dan mitigasi penularan penyakit ternak, termasuk memperketat keluar-masuknya ternak ke Jawa Tengah mengingat penyakit PMK disebabkan oleh virus dan dapat mengakibatkan kerugian ekonomi bagi peternak. 

Masyarakat dihimbau tidak perlu panik, pasalnya penyakit ini tidak menular kepada manusia (zoonosis), dan dapat disembuhkan. Belajar dari pandemi Covid-19, maka Ganjar membentuk Unit Respon Cepat (URC) Penanggulangan PMK  Provinsi Jawa Tengah secara terpadu, kolaboratif dan sinergis.