Banyumas, 30 Januari 2022 -   Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Jawa Tengah (red : Ir. Agus Wariyanto, S. IP., M. M.) didampingi Kepala Bidang Budidaya (red: Drh. Slamet) melaksanakan koordinasi ke  BPTU-HPT Baturaden - Purwokerto. Diterima oleh Sekretaris beserta Sub Koordinator (Pejabat Struktural) melaksanakan pembahasan khusus terkait kegiatan pengembangan desa korporasi / desa 1000 sapi di Jawa Tengah. 

Kegiatan ini sudah dimulai tahun 2021 di Kecamatan Andong Kabupaten Boyolali, berupa bantuan sapi dari Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementerian Pertanian RI sebanyak 1000 ekor untuk 5 kelompok. 

Kegiatan ini akan terus dikawal, sampai terbentuk korporasi yg mandiri dan profit oriented. "Karena saat ini bukan jamannya lagi poktan/gapoktan jalan sendiri sendiri, mereka harus punya sebuah manajemen yang benar benar dapat meningkatkan kesejahteraan bagi anggotanya" tegas Kadis. 

Pemerintah sebagai pembina dan fasilitator dalam pengembangan kelembagaan kelompok/organisasi, jejaring permodalan maupun pengolahan dan pemasaran hasil. Kegiatan ini diharapkan dapat berhasil dan memberikan contoh utk skala nasional.