Pakan merupakan salah satu sarana produksi yang sangat strategis dalm usaha peternakan, karena secara langsung berkorelasi dengan performance ternak. Namun biaya pakan merupakan komponen terbesar dalam usaha budidaya ternak sehingga efisiensi penggunaan pakan harus betul-betul mendapatkan perhatian.
Pakan ternak ruminansia umumnya dikelompokan menjadi dua yaitu pakan hijauan dan pakan konsentrat. Kebutuhan pakan ternak ruminansia, khususnya pakan konsentrat dapat dipenuhi oleh pabrik pakan skala kecil, pabrik pakan dan koperasi. Sedangkan untuk pakan hijauan merupakan sumber pakan utama ternak ruminansia yang berasal dari rumput-rumputan dan leguminosa. Kekurangan pemberian hijauan pakan yang berkualitas lebih disebabkan oleh semakin sempitnya lahan pangonan, disamping itu semakin kecil pula pemilikan lahan produksi tanaman pangan.

    Upaya-upaya peningkatan produksi ruminansia tidak akan terlepas dari perencanaan sistem manajemen ternak yang akan diterapkan, termasuk perencanaan penyediaan pakan. Dengan perencanaan penyediaan pakan yang memadai dalam kualiitas dan kuantitas untuk sepanjang tahun. Fakta di lapangan menunjukan bahwa......selengkapnya silahkan download disini