(6/10/2021) Kepala Balai Balai Budidaya dan Pembibitan Ternak Terpadu (BBPTT), Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Jawa Tengah (Disnakkeswan Jateng), bersama Ka Subbag TU dan Koordinator Taman Ternak Ayam Lokal Maron, Temanggung melakukan kunjungan kerja di PT.  Mitra Unggas Sonofera Cigombong, Sukabumi dan Ayam Asli Indonesia (ASI) Farm di Jonggol, Kab. Bogor, Jawa Barat. Kunjungan ini bertujuan untuk mengevaluasi bibit ayam/Day Old Chick (DOC) produk BBPTT Disnakkeswan Jateng yang diproduksi oleh Taman Ternak Ayam Lokal Maron, Temanggung.

Tercatat dari bulan Maret hingga sekarang, PT. Sonofera dan ASI Farm -yang merupakan mitra pelanggan dari DOC Maron- menerima setidaknya 5.000 ekor kiriman DOC dari jenis Ayam Kedu, Kedu Combo, Buras Super Maron (BSM). Hasil evaluasi menunjukkan pertumbuhan ayam Maron dianggap mampu bersaing dengan produk breeder lainnya. Perkembangan populasi dan performan yang bagus serta kematian/deplesi kandang yang kecil membuat hasil panen kandang dapat diterima oleh pasar ayam lokal di daerah Jawa Barat dan DKI Jakarta. Selain menjual daging potongan (karkas) dan ayam hidup siap potong, PT. Sonofera bersama ASI farm juga mengembangkan ayam Maron untuk pembibitan; dengan mengawinkannya dengan pejantan ayam lokal lainnya. Hasilnya DOC yang laris di pasaran Jawa Barat.

Andi Mannapiang (PT. SONOFERA) serta Joko Susilo (ASI Farm) sepakat bahwa indukan dari Ayam Maron produk BBPTT Disnakkeswan Jateng cocok untuk dikembangkan sebagai indukan karena mampu memproduksi telur mencapai 18-20 butir/bulan. Diharapkan kerjasama ini akan terus berlanjut dan akan menjadi motivasi tersendiri bagi BBPTT Disnakkeswan Jateng untuk terus meningkatkan produksi dan kualitas bibit DOC yang dihasilkan serta market networking.


#enjoybbptt

#disnakkeswanprovjateng

#jatenggayeng

#unggaslokal

#ayammaron