Selasa, 7 Desember 2021 -  “Peternak Keren, Semangat Panen”, Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan telah melaksanakan Panen Pedet Hasil Kegiatan SIKOMANDAN Tahun 2021. Panen pedet kali ini dilaksanakan di Lapangan Desa Pengkolrejo, Kec. Japah Kab. Blora.  Hadir pada kegiatan ini antara lain: Bapak Asisten II Kabupaten Blora, Plt. Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Jawa Tengah, Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Blora, Para Petugas Pelayanan Reproduksi Peternakan, Peternak dan stakeholder terkait. Sebagai perwakilan dari peternak, hadir kurang lebih sebanyak 100 orang peternak, dengan 200 ekor ternak sapi (100 ekor induk dan 100 ekor pedet hasil IB).

SIKOMANDAN merupakan kegiatan yang terintegrasi untuk percepatan peningkatan populasi sapi dan kerbau secara berkelanjutan melalui sistem manajemen reproduksi meliputi serangkaian kegiatan pelayanan reproduksi ternak tanpa dipungut biaya. Kegiatan SIKOMANDAN merupakan lanjutan dari kegitan tahun sebelumnya (UPSUS SIWAB) yang dicanangkan oleh Menteri Pertanian pada tahun 2016. 

Provinsi Jawa Tengah merupakan salah satu penyangga utama pelaksanaan SIKOMANDAN Nasional. Hal ini dikarenakan Provinsi Jawa Tengah memiliki populasi ternak terbesar ke-2 nasional (setelah Jawa Timur). Pada Tahun 2020, populasi  ternak sapi dan kerbau mencapai 2.036.075 ekor. Kegiatan ini dialokasikan di 28 Kabupaten (kecuali Kabupaten Kudus) dan 2 Kota yaitu Kota Salatiga dan Kota Semarang. 

Kegiatan SIKOMANDAN Tahun 2021, secara total Provinsi Jawa Tengah ditargetkan mampu mengcover/melayani akseptor IB sebanyak 403.040 ekor, dengan keberhasilan ternak bunting sebanyak 282.128 ekor dan kelahiran pedet sebanyak 197.958 ekor.

Selain IB menggunakan semen beku yang telah dikenal secara umum dimasyarakat, pada kegiatan SIKOMANDAN ini juga sejak semester ke-2  tahun 2020 dikenalkan IB menggunakan semen beku sapi BELGIAN BLUE  yang dikenal memiliki perototan super (Doble Muscle) dan sapi WAGYU yang dikenal memiliki kualitas daging terbaik. Sebanyak 3.000 dosis semen beku Belgian Blue dan 3.000 dosis semen beku Wagyu telah di distribusikan di 8 Kabupaten sebagai pilot project, antara lain : Blora, Rembang, Pati, Jepara, Grobogan, Batang, Wonosobo dan Purworejo. Terlaporkan sampai dengan  akhir bulan November 2021 kelahiran pedet hasil IB Belgian Blue di Jawa Tengah sejumlah 327 ekor dan sapi Wagyu sebanyak 187 ekor.


Melalui Kegiatan Panen Pedet Hasil SIKOMANDAN di Jawa Tengah dan Launching Kelahiran Sapi Belgian Blue  Tahun 2021, diharapkan mampu : 

a. Memberikan apresiasi terhadap kinerja Pemerintah Daerah, Petugas pelayanan reproduksi, apresiasi kepada para peternak, pelaku usaha yang sudah konsen menekuni bidang     peternakan sapi kerbau, baik aspek hulu, onfarm maupun hilir;

b. Mengetahui penambahan populasi sapi kerbau melalui kelahiran hasil IB SIKOMANDAN;

c. Mengekspos kelahiran Hasil IB Sapi Belgian Blue;

d. Memotivasi, menstimulasi dan memberikan apresiasi kepada peternak pembibit melalui Panen Pedet SIKOMANDAN.    

e. Sebagai media informasi dan sarana edukasi terhadap kemajuan dan perkembangan tehnologi serta inovasi pembangunan peternakan di Jawa Tengah.


Untuk itu guna memberikan apresiasi terhadap kinerja Pemerintah Daerah, Petugas pelayanan reproduksi, apresiasi kepada para peternak, pelaku usaha yang sudah konsen menekuni bidang peternakan sapi kerbau, baik aspek hulu, onfarm maupun hilir maka secara serentak pada hari ini di 4 Provinsi (Jawa Tengah, Jawa Timur, DIY dan Jawa Barat) dilaksanakan Panen Pedet Hasil SIKOMANDAN dan Launching Kelahiran 100.000 ekor pedet Hasil IB Sapi Belgian Blue. 


MAJU TERUS PEMBANGUNAN PETERNAKAN DI JAWA TENGAH


“PETERNAK KEREN, SEMANGAT PANEN”

“SAPIKU METENG, ATIKU SENENG”

“PEDETKU LAHIR, REJEKI MENGALIR”

“BANYAK ANAK, BANYAK REJEKI”



Red : ats82